Minggu, 03 Juni 2012

RPP 1 TEKANAN


MEDIA RPP 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   1
Nama Sekolah                             : SMP Negeri 7 Kunto Darussalam
Mata Pelajaran                             : IPA
Kelas/ semester                            : VIII
Standar Kompetensi                     : 5.  Memahami pranan usaha, gaya, dan energ dalam kehidupan sehari   
                                                       –   hari.
Kompetensi Dasar                        : 5.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Waktu                                           : 2 x 40 menit
Indikat
:
1)   Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan
2)   Menentukan besar tekanan pada zat padat
Karakter siswa yang diharapkan
:
-          Rasa ingin tahu
-          Kreatif
Diskripsi karakter
:
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih dalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat dan didengar.
Tujuan Pembelajaran
:
1)   Setelah demosntrasi sisiwa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan pada zat padat dengan benar.
2)   Setelah diskusi sisiwa dapat menentukan besarnya tekanan pada zat padat dengan benar.
Materi Pembelajaran
:
Tekanan pada zat padat



Metode                       
:
Demostrasi



Model pembelajaran
:
Iknuiri terbimbing
Sumber belajar           
:
Lingkungan sekolah, buku paket sisiwa (Esis dan Bumi Aksara)
Jenis Media 
 1.Beberapa jenis kubus (baja, besi, aluminium)
 
Kegiatan Pembelajaran:
No
Kegiatan
Waktu
A
Pendahuluan:
Motivasi                          : Mana lebih dalam jejak spatu hak tinggi dan runcing dari yang datar?
Prasyarat pengetahuan : Mana lebih mudah memasukkan paku pada gambar   berikut?
1.      Menulis judul / materi pembelajaran
2.      Menulis tujuan pembelajaran
5’
B
Kegiatan inti :
Eksplorasi, guru:
1.      Siswa duduk menurut kelompok yang sudah ditentukan sebelumnya (nilai: Bersahabat/kominikatif)
2.      Guru memberikan LKS  pada masing-masing kelompok sesuai dengan tujuan pembelajaran.
3.      Menjelaskan cara mengerjakan LKS (nilai: rasa ingin tahu)
4.      Masing – masing kelompok mendiskusikan LKS guru membimbing siswa (nilai bersahabat).
Elaborasi:
1.      Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi (nilai: menghargai prestasi)
Konfirmasi:
1. Guru memberikan penjelasan jika ada materi yang kurang jelas
2. Guru memberikan soal latihan dan meminta salah seorang siswa untuk menyelesaikan dipapan tulis
50’

Penutup :
Rangkuman
TEKANAN PADA ZAT PADAT
Tekanan adalah besarnya gaya tiap satuan luas permukaan bidang tekan. Dirumuskan dengan: P = F/A
P = tekanan (N/m2)
F = Gaya Tekan (N)
A = Luas bidang tekan (m2)
Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah:
1.      Luas bidang tekanan
2.      Besar nya gaya tekana
20
Refleksi
5’
2.Guru memberikan tes tertulis/ penilaian
a. teknik penilaian     : tes tertulis / subjektif
b. Bentuk instrumen : esai
10’
Kartu  soal
KD
Materi
Indikator
No
soal
Butir soal
Jawaban
Skor
Ranah Kognitif
1
Tekanan pada zat padat
Siswa dapat menentukan besar besarnya takanan pada zat padat
Siswa dapat menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi besar tekanan
1
2
Sebuah balok beratnya 50 N terletak diatas meja. Luas permukaan yang bersentuhan dengan meja sebesar 0,4 m2. Berapakah tekanan gaya berat balok terhadap meja tersebut?
Sebutkan faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan pada zat!
P=F/A
P = 50/0,4
= 125N/m2

C2
Mengetahui,
Bukit Intan Makmu, 27 Pebruari 2012
Kepala Sekolah
Guru mata Pelajaran IPA
BASHORI, A.MaPd
YUSTINI, S.Pd
19621108199231003
196204141983022002


LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Nama Siswa                :
Kelas/semester                         :
Judul                            : Tekanan pada zat padat
Tujuan                         : Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan pada zat padat


 
 
4.   Jelaskan mengapa bemikian!
Ø Membekasnya kubus pada plastisin menunjukkan besarnya tekanan gaya berat setiap kubus pada plastisin.
Ø Semakin berat suatu benda, semakin besar pula tekanannya atau semakin gaya yang bekerja pada suatu benda semakin besar tekanannya.
B. Luas Bidang Tekan
I. Mengamati bekas batu bata yang di jatuhkan pada tanah becek.
a.Jatuhkan batu bata pada pada ketinggian tertentu pada tanah becek/plastisin, mula-mula posisinya tegak, kemudian posisinya mendatar. Lihat gambar!



 
 

b. Bandingkan kedalaman tempat jatuhnya batu bata tersebut!
II. Mengamati jejak hak sepatu tinggi lancip dan hah rendah lebar.
    Dua orang siswa A dan B berjalan ditanah yang becek dengan memakai sepatu yang berbeda. Siswa A  memakai sepatu hak tinggi dan lancip dan siswa B  memakai sepatu rendah dan lebar.
Bandingkanlah injakan sepatu siswa tersebut! Manakah yang lebih dalam injakannya?
 

 III. Mengamati injakan kaki ayam dan bebek
       Amatilah injakan kaki ayam dan bebek yang sedang berjalan pada tanah yang becek, diantara hewan tersebut manakah yang menghasilkan injakan yang lebih dalam? Mengapa demikian?
                                                
    Bekas injakan kaki ayam dan itik
Buatlah kesimpulanm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar