RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2
Nama Sekolah : SMP Negeri 7 Kunto Darussalam
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ semester : VIII
Standar Kompetensi :5. Memahami pranan usaha, gaya, dan energ dalam kehidupan sehari – hari.
Kompetensi Dasar : 5.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Waktu : 2 x 40 menit
Indikator
|
:
|
1.Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan
2.Menentukan besar tekanan pada zat padat
3.Menenentukan besarnya tekanan hidrostatik
|
Karakter siswa yang diharapkan
|
:
|
- Rasa ingin tahu
- Kreatif
|
Diskripsi karakter
|
:
|
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih dalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat dan didengar.
|
Tujuan Pembelajaran
|
:
|
1. Setelah percobaan siswa dapat menyebutkan 2 faktor yang mempengaruhi tekanan pada zat cair.
2. Setelah percobaan siswa dapat menghitung besar tekanan hidrostatik dengan benar.
|
Materi Pembelajaran
|
:
|
Tekanan Hidrostatis
|
Metode
|
:
|
Demostrasi
|
Model pembelajaran
|
:
|
Iknuiri terbimbing
|
Sumber belajar
|
:
|
Lingkungan sekolah, buku paket sisiwa (Esis dan Bumi Aksara)
|
Kegiatan Pembelajaran:
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
A
|
Pendahuluan:
Motivasi :
Prasyarat pengetahuan :
1.Menulis judul / materi pembelajaran
2.Menulis tujuan pembelajaran
|
5’
|
B
|
Kegiatan inti :
Eksplorasi, guru:
1.Siswa duduk menurut kelompok yang sudah ditentukan sebelumnya (nilai: Bersahabat/kominikatif)
2.Guru memberikan LKS pada masing-masing kelompok sesuai dengan tujuan pembelajaran.
3.Menjelaskan cara mengerjakan LKS (nilai: rasa ingin tahu)
4.Masing – masing kelompok mendiskusikan LKS guru membimbing siswa (nilai bersahabat).
Elaborasi:
1.Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi (nilai: menghargai prestasi)
Konfirmasi:
1. Guru memberikan penjelasan jika ada materi yang kurang jelas
2. Guru memberikan soal latihan dan meminta salah seorang siswa untuk menyelesaikan dipapan tulis
|
50’
|
Penutup :
Rangkuman
Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan Hidrostatis adalah:
1.Kedalaman zat zair
2. Masa jenis zat
3. Percepatan gravitasi
TEKAKANAN HIDROSTATIS
Rumus tekanan hidrostatik:
P Hidrostatik = p . g . h
P H = tekanan didalam zat cair (N/m2)
P = massajenis zat cair ( Kg/m3)
g = percepatan gravitasi ((m/s2) atau (N/Kg)
h = kedalaman zat cair (m)
|
20
| |
Refleksi
|
5’
| |
2.Guru memberikan tes tertulis/ penilaian
a. teknik penilaian : tes tertulis / subjektif
b. Bentuk instrumen : esai
|
10’
|
Kartu soal
KD
|
Materi
|
Indikator
|
No
soal
|
Butir soal
|
Jawaban
|
Skor
|
Ranah Kognitif
|
1
|
Tekanan hidrostatis
|
Siswa dapat menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi besar tekanan pada zat cair
Siswa dapat menghitung besar tekananpada zat cair
|
1
2
|
Sebutkan 2 faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan hidrostatik!
Sebuah bak berisi air setinggi 2 m. Jika massa air 1000 Kg/m3, percepatan gravitasi 10 m/s2. Tentukanlah tekanan hidrostatiknya!
|
a.Kedalaman zat cair
b.Masa jenis zat
P= pgh
1000 x 10 x 2
= 20.000 N/m2
|
2
3
|
C2
|
Mengetahui,
|
Bukit Intan Makmu, 27 Pebruari 2012
|
Kepala Sekolah
|
Guru mata Pelajaran IPA
|
BASHORI, A.MaPd
|
YUSTINI, S.Pd
|
19621108199231003
|
196204141983022002
|
LEMBER KERJA SISWA
Nama Siswa :
Kelas/semester :
Judul : Tekanan pada zat cair
Tujuan : Mengukur tekanan zat cair
Alat dan bahan :
1. Sebuah tabung mineral dengan tiga lubang berukuran sama dan segaris, tetapi ketinggian berbeda.
2. Isolasi
3. Air
Cara kerja:
1. Tandailah lubang kaleng secara berurutan dari atas kebawah dengan A, B, dan C.
2. Tutuplah lubang dengan isolasi, dan isilah tabung dengan air sampai penuh.
3. Bukalah ketiga lubang dengan menarik isolasi
4. Sambil terus-menerus mengisi air ke dalam tabung, amatilah jatuhnya air yang memancar dari ketiga lubang tabung.
5. Samakah tempat jatuhnya air yang terpancar dari ketiga lubang itu? Mengapa demikian?
6. Buatlah kesimpulanmu!
LEMBER KERJA SISWA
Nama Siswa :
Kelas/semester :
Judul : Pipa Hartl
Tujuan : Mengukur tekanan zat cair dengan pipa Hartl
Alat dan bahan :
1.Pipa berbentuk U
|
5.Corong
|
2.Ember
|
6.Karet tipis/bahan karet
|
3.Statif
|
7.Air
|
4.slang Plastik
|
8.Minyak Tanah
|
Cara Kerja:
1. Rangkailah alat seperti gambar di samping!
2. Isilah sebagian pipa U dengan air. Pada keadaan awal,
Tinggi permukaan air pada kedua kaki sama)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar